Organisasi

Struktur organisasi perpustakaan Musixta SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta terdiri dari Kepala Sekolah (sebagai penanggung jawab tertinggi), Kepala Perpustakaan (yang memimpin operasional), dan bagian atau staf yang bertugas pada bidang Pemustaka (sirkulasi, referensi), Layanan Teknis (pengadaan, pengolahan), Layanan Teknologi Informasi (TI) dan Layanan Literasi yang dibantu oleh Duta Perpustakaan.
Berikut adalah komponen dalam struktur organisasi perpustakaan Musixta :
1. Kepala Sekolah : Dian Sriwidarti, M. Pd
Sebagai pimpinan tertinggi di sekolah, beliau bertanggung jawab atas keseluruhan pengelolaan sekolah, termasuk perpustakaan.
2. Kepala Perpustakaan : Feren Novia Amalia, S. Pd
Bertanggung jawab langsung kepada kepala sekolah untuk mengelola seluruh kegiatan perpustakaan, mulai dari penyusunan program kerja, pengawasan, hingga evaluasi.
3. Bidang/Staf Layanan Pemustaka : Rama Adhyaksa Doni Putra, A. Md
Sirkulasi: Mengelola proses peminjaman dan pengembalian buku serta bahan pustaka.
Referensi/Bimbingan Baca: Memberikan bantuan kepada siswa dan guru dalam menemukan informasi dan bahan pustaka yang dibutuhkan.
4. Bidang/Staf Layanan Teknis : Rashika Salsabila, S. Pd
Pengadaan: Bertugas untuk melakukan seleksi, pengadaan, dan inventarisasi bahan pustaka baru.
Pengolahan: Melakukan kegiatan pengatalogan, klasifikasi, dan penataan koleksi agar mudah diakses.
Pemeliharaan: Memastikan bahan pustaka terawat dengan baik dan melakukan perbaikan jika diperlukan.
5. Bidang/Staf Layanan Teknologi Informasi (TI) : M. Rinto Setiawan, S. Pd dan Dian Nur Ary Wahyuni, S. Pd
Pengelolaan Infrastruktur TI: Memastikan semua perangkat keras/lunak, jaringan, dan sistem informasi berjalan dengan baik.
Pengembangan Sistem Informasi: Mengelola dan mengembangkan database koleksi, database anggota, serta website perpustakaan.
Pengelolaan Konten Digital: Mengembangkan sistem pencarian terintegrasi untuk sumber daya elektronik seperti e-book, dan lainnya.
Dukungan dan Pelayanan: Memberikan dukungan teknis dan konsultasi kepada pengguna terkait penggunaan fasilitas ICT perpustakaan.
Administrasi Umum: Melaksanakan administrasi umum yang berkaitan dengan bidang teknologi informasi perpustakaan.
Perbaikan dan Pemeliharaan: Melakukan perbaikan hardware dan memelihara sarana serta prasarana teknologi informasi.
6. Bidang/Staf Layanan Literasi : Ibninati Azizah, S. Pd dan Aisyah Nur Fitriana, S. Akt
Pengelolaan Program Literasi Informasi (ILP): Merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program seperti pelatihan penggunaan alat bantu riset (misalnya Mendeley, Turnitin), akses jurnal elektronik, dan database.
Layanan Bimbingan dan Konsultasi: Memberikan panduan kepada pemustaka untuk menemukan dan memanfaatkan sumber daya informasi secara efektif, baik cetak maupun digital.
Pengembangan Sumber Daya: Berkontribusi dalam pemilihan dan pengadaan koleksi literatur dan buku yang mendukung kegiatan literasi.
Pengembangan Keterampilan: Melatih dan mengembangkan sumber daya manusia perpustakaan lainnya, seperti pustakawan kelas atau kelompok relawan siswa (KOTAKU).
Perencanaan dan Evaluasi Kegiatan: Mengikuti kalender akademik dan merencanakan kegiatan literasi bulanan, serta mengevaluasi kebijakan di bidang layanan literasi.
7. Duta Perpustakaan : Peserta Didik Kelas 7 - 8
Kampanye dan Promosi: Membuat poster, brosur, atau video untuk memperkenalkan perpustakaan.
Kegiatan Literasi: Menyelenggarakan program pengenalan literasi dan menjadi narasumber.
Menjadi Inspirasi: Memberikan contoh dan inspirasi bagi teman-teman atau masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan.
Mendukung Perpustakaan: Membantu tugas-tugas seperti menempel informasi di mading atau memberikan informasi kepada pemustaka.
8. Pengguna Perpustakaan (Pemustaka) :
Siswa, guru, dan tenaga kependidikan yang menggunakan layanan perpustakaan.