Program Perpustakaan Tahun Ajaran 2025/2026

PROGRAM PERPUSTAKAAN MUSIXTA
SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2025/2026
No |
Nama Program |
Tujuan |
Sasaran/ Semester |
Bentuk Pelaksanaan Program |
Realisasi |
1 |
Duta Perpustakaan Literaward Musixta |
Meningkatkan Literasi, Memperkenalkan Perpustakaan, Membangun Budaya Membaca, Memberi apresiasi untuk karya-karya terbaik |
Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9 Guru dan Karyawan
Smt. I |
Perpustakaan Musixta menyeleksi peserta didik laki-laki dan perempuan, guru serta karyawan yang akan dipilih sebagai Duta Perpustakaan yang membantu kegiatan di perpustakaan dan mempromosikan budaya literasi, berperan sebagai contoh dan motivator untuk meningkatkan minat baca dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Perpustakaan Sekolah memberikan apresiasi untuk karya-karya terbaik dari kegiatan Literasi dan Lomba-lomba. |
Terpilihnya 4 Duta Perpustakaan: 1. Guru : Rubiyatun, S.Pd.Si 2. Karyawan: Aisyah Nur Fitriana, S.Ak 3. Peserta Didik: Raka Anugrah (8-A) Fifa Arsanti (8-B)
Pemberian Hadiah untuk karya-karya terbaik dalam lomba |
2 |
Sahabat Buku Cilik |
Untuk memberikan layanan perpustakaan, menumbuhkan minat baca, dan mengembangkan karakter serta keterampilan anak-anak TK |
Seluruh peserta didik TK ABA Pringggo-kusuman |
Perpustakaan Musixta membuat MoU dengan TK ABA Pringgokusuman untuk melibatkan anak-anak TK sebagai "sahabat perpustakaan". Membuat jadwal layanan kunjungan khusus untuk peserta didik TK ABA Pringggokusuman. |
Terbuatnya MoU antara Perpustakaan Musixta dengan TK ABA Notoyudan.
Terjadwalnya kunjungan khusus TK ABA Notoyudan |
3 |
Pojok Literasi |
Untuk meningkatkan minat baca dan memberikan layanan untuk mengakses bacaan-bacaan yang beragam (dari berbagai genre) |
Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9 Guru dan Karyawan
Smt. I |
Membuat pojok baca di setiap kelas dan lantai 1. Memberdayakan Duta Perpustakaan menjadi tim/laskar membantu perpustakaan dalam mengelola pojok baca kelas Meminta bantuan wali kelas untuk mengkoordinir kelasnya dan membantu berjalannya program pojok baca kelas. |
Terbuatnya pojok baca di kelas. Duta perpustakaan menjadi tim yang membantu pengelolaan pojok baca.
Wali kelas ikut membantu pengelolaan pojok baca. |
4 |
Mading Musixta |
Sebagai tempat untuk mengekspresikan ide, pandangan, dan kreativitas, mempromosikan kegiatan sekolah, berbagi berita penting, dan atau memamerkan hasil karya. |
Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9 Guru dan Karyawan
Smt. I |
Membuat mading sekolah
Mengumunkan dan mempromosikan mading sekolah
Menyeleksi karya/ tulisan/ informasi/ berita untuk dimuat di mading sekolah |
Terbuatnya mading sekolah
Adanya peserta didik/guru/karyawan maupun pihak luar yang memanfaatkan mading sekolah |
5 |
Permata Musixta |
Untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik |
Seluruh Peserta Didik Perempuan Kelas 7,8,9 yang tidak Sholat
Smt. I |
Permata singkatan dari Perempuan Muslimah Taat dan Cerdas yaitu program yang dibuat untuk keputrian setiap hari Jum’at khusus bagi peserta didik perempuan yang berhalangan sholat melalui pemberian keterampilan dan pelatihan tertentu |
Adanya pelatihan dan pemberian keterampilan tertentu kepada peserta didik perempuan yang berhalangan sholat |
6 |
Jalita Musixta |
Untuk mengatur jadwal penggunaan perpustakaan dalam proses pembelajaran |
Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9 Guru mata pelajaran
Smt. I |
Jalita singkatan dari Jadwal Literasi Terpadu Musixta Membuat jadwal penggunaan perpustakaan untuk guru-guru mata pelajaran yang sudah mendaftar. Menyediakan bahan-bahan bacaan dan atau sumber literasi lainnya yang sesuai. |
Terbentuknya jadwal penggunaan perpustakaan.
Tersedianya bahan-bahan bacaan dan atau sumber literasi lainnya yang sesuai. |
7 |
Pelita |
Untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis, meningkatkan minat baca serta meningkatkan keterampilan membaca/ menulis |
Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9 Guru dan Karyawan
Smt. I |
Pelita singkatan dari Pembiasaan Literasi Musixta Pembiasaan membaca dan menulis/ merangkum bacaan setiap hari Jum’at pagi. Mengumpulkan hasil literasi/tulisan seluruh peserta didik |
Tersedianya box-bos berisi buku-buku sumber bacaan. Tersedianya materi/tema literasi.
Terbuatnya kliping hasil literasi/tulisan peserta didik |