Program Perpustakaan Tahun Ajaran 2025/2026

                                 PROGRAM PERPUSTAKAAN MUSIXTA

                                     SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA

                                             TAHUN PELAJARAN 2025/2026

No

Nama Program

Tujuan

Sasaran/ Semester

Bentuk Pelaksanaan Program

Realisasi

1

Duta Perpustakaan Literaward Musixta

Meningkatkan Literasi, Memperkenalkan Perpustakaan, Membangun Budaya Membaca, Memberi apresiasi untuk karya-karya  terbaik

Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9   

Guru dan Karyawan

 

Smt. I

Perpustakaan Musixta menyeleksi  peserta didik laki-laki dan perempuan, guru serta karyawan yang akan dipilih sebagai Duta Perpustakaan yang membantu kegiatan di perpustakaan dan mempromosikan budaya literasi, berperan sebagai contoh dan motivator untuk meningkatkan minat baca dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Perpustakaan Sekolah memberikan apresiasi untuk karya-karya terbaik dari kegiatan Literasi dan Lomba-lomba.

Terpilihnya 4 Duta Perpustakaan:

1. Guru : Rubiyatun, S.Pd.Si

2. Karyawan:

Aisyah Nur Fitriana, S.Ak

3. Peserta Didik:

Raka Anugrah (8-A)

Fifa Arsanti (8-B)

 

 

 

 

Pemberian Hadiah untuk karya-karya terbaik dalam lomba

2

Sahabat Buku Cilik

Untuk memberikan layanan perpustakaan, menumbuhkan minat baca, dan mengembangkan karakter serta keterampilan anak-anak TK

Seluruh peserta didik   TK ABA Pringggo-kusuman

Perpustakaan Musixta membuat MoU dengan TK ABA Pringgokusuman untuk melibatkan anak-anak TK sebagai "sahabat perpustakaan".

Membuat jadwal layanan kunjungan khusus untuk peserta didik   TK ABA Pringggokusuman.

Terbuatnya MoU antara Perpustakaan Musixta dengan TK ABA Notoyudan.

 

 

Terjadwalnya kunjungan khusus TK ABA Notoyudan

3

Pojok Literasi

Untuk meningkatkan minat baca dan memberikan layanan untuk mengakses bacaan-bacaan yang beragam (dari berbagai genre)

Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9   

Guru dan Karyawan

 

Smt. I

Membuat pojok baca di setiap kelas dan lantai 1.

Memberdayakan Duta Perpustakaan menjadi tim/laskar membantu perpustakaan dalam mengelola pojok baca kelas

Meminta bantuan wali kelas untuk mengkoordinir kelasnya dan membantu  berjalannya program pojok baca kelas.

Terbuatnya pojok baca di kelas.

Duta perpustakaan menjadi tim yang membantu pengelolaan pojok baca.

 

Wali kelas ikut membantu pengelolaan pojok baca.

4

Mading Musixta

Sebagai tempat untuk mengekspresikan ide, pandangan, dan kreativitas, mempromosikan kegiatan sekolah, berbagi berita penting, dan atau memamerkan hasil karya.

Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9   

Guru dan Karyawan

 

Smt. I

Membuat mading sekolah

 

Mengumunkan dan mempromosikan mading sekolah

 

Menyeleksi karya/ tulisan/ informasi/ berita untuk dimuat di mading sekolah

Terbuatnya mading sekolah

 

Adanya peserta didik/guru/karyawan maupun pihak luar yang memanfaatkan mading sekolah

5

Permata Musixta

Untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik

Seluruh Peserta Didik

Perempuan  Kelas 7,8,9   

yang tidak Sholat

 

Smt. I

Permata singkatan dari Perempuan Muslimah Taat dan Cerdas yaitu program yang dibuat untuk keputrian setiap hari Jum’at khusus bagi peserta didik perempuan yang berhalangan sholat melalui pemberian keterampilan dan pelatihan tertentu

Adanya pelatihan dan pemberian keterampilan tertentu kepada peserta didik perempuan yang berhalangan sholat

6

Jalita Musixta

Untuk mengatur jadwal penggunaan perpustakaan dalam proses pembelajaran

Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9   

Guru mata pelajaran

 

Smt. I

Jalita singkatan dari Jadwal Literasi Terpadu Musixta

Membuat jadwal penggunaan perpustakaan untuk guru-guru mata pelajaran yang sudah mendaftar.

Menyediakan bahan-bahan bacaan dan atau sumber literasi lainnya yang sesuai.

Terbentuknya jadwal penggunaan perpustakaan.

 

 

Tersedianya bahan-bahan bacaan dan atau sumber literasi lainnya yang sesuai.

7

Pelita

Untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis, meningkatkan minat baca serta meningkatkan keterampilan membaca/ menulis

Seluruh Peserta Didik Kelas 7,8,9   

Guru dan Karyawan

 

Smt. I

Pelita singkatan dari Pembiasaan Literasi Musixta

Pembiasaan membaca dan menulis/ merangkum bacaan setiap hari Jum’at pagi.

Mengumpulkan hasil literasi/tulisan seluruh peserta didik

Tersedianya box-bos berisi buku-buku sumber bacaan.

Tersedianya materi/tema literasi.

 

Terbuatnya kliping hasil literasi/tulisan peserta didik